Pengangkutan Sampah

  • 16 Desember 2017
Pengangkutan Sampah

PELAYANAN YANG DIBERIKAN OLEH DINAS LINGKUNGKUNGAN HIDUP

DAN KEBERSIHAN KABUPATEN LOMBOK TIMUR

(BIDANG KEBERSIHAN, PENGELOLAAN SAMPAH DAN LIMBAH B3.)

 

  1. VISI, MISI :

VISI :  “Tewujudnya lingkungan hidup Kabupaten Lombok Timur yang hijau, bersih dan terkendali dengan memanfaatkan potensi daerah yang berwawasan lingkungan untuk kesejahteraan masyarakat  Lombok Timur“

MISI :

  1. Meningkatkan konservasi sumber daya alam.
  2. Mempertahankan dan meningkatkan keanekaragaman hayati.
  3. Meningkatkan pelaksanaan Kabupaten Hijau.
  4. Meningkatkan pengelolaan kebersihan dan sanitasi lingkungan.
  5. Meningkatkan pencegahan dan pengendalian lingkungan dan dampak pencemaran lingkungan.
  6. Meningkatkan peran serta masyarakat, LSM, Swasta dan Sekolah/ Madrasah dalam memelihara lingkungan.
  7. Meningkatkan pengawasan, penertiban dan penegakan hukum bidang lingkungan hidup.
  8. Pengelolaan Pelayanan Kebersihan Persampahan dengan dukungan sarana prasarana yang memadai dan kesadaran masyarakat yang partisipatif.
  9. Pengembangan dan Pemeliharaan Pertamanan sebagai pendukung pembangunan kawasan yang hijau yang berkesinambungan.
  10. Penataan kota yang berwawasan kota hijau (green city)

 

  1. KODE ETIK PELAYANAN
  1. Petugas Pelayanan Kebersihan harus memberi salam, menyapa dan ramah dalam bertugas;
  2. Petugas Pelayanan Kebersihan dalam bekerja harus menggunakan pakaian yang rapi, bersih dan dilengkapak Alat Pelinding Keselamatan (APK);

 

 

  1. MAKLUMAT PELAYANAN

Kami seluruh Tenaga Pelayanan Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Lombok Timur, menyatakan :

  1. Akan memberikan pelayanan kebersihan terbaik bagi masyarakat dengan sepenuh  hati;
  2. Bersikap ramah, dan sopan dalam memberikan pelayanan;
  3. Siap menanggapi segala keluhan serta ketidakpuasan atas pelayanan yang kami berikan;
  4. Tidak melakukan pungutan yang tidak sah dalam memberikan pelayanan kebersihan;
  5. Selalu melakukan pengawasan internal dan evaluasi kinerja petugas pelayanan kebersihan.

 

  1. MOTO PELAYANAN

Moto PelayananDinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Lombok Timur adalah “ SEPAHAM “ (SEhat, PArtisipatif,dan HArMoni, ):

Sehat : mengandung makna bahwa lingkungan pemukiman yang bersih dan bebas sampah akan menciptkan lingkungan yang indah dan sehat.

Partisipatif : mengandung makna bahwa sampah merupakan tanggung jawab bersama, baik masyarakat,  dunia usaha dan pemerintah. Dibutuhkan partisipasi semua pihak dalam penanganannya.

Harmoni : mengandung makna bahwa manusia/masyarakat dalam mengelola lingkungan alamnya harus bijak guna terciptanya  lingkungan yang sehat dan berkelanjutan.

 

  1. MEKANISME ALUR PENGADUAN
  1. Secara Lisan : melalui telepon (0376)21230 atau datang langsung ke kantor Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Lombok Timur pada  Bidang Kebersihan, Pengolahan Sampah dan Limbah B3.
  2. Secara tertulis :
  1. Menyampaikan surat resmi yang ditujukan kepada Kepala DLHK Kab. Lombok Timur dengan cara diantar langsung, dikirim melalui faksimile, atau melalui kantor pos ke alamat kantor Jl. MT.Haryono No. 5 Selong Kelurahan Sandubaya Kecamatan Selong - Kabupaten Lombok Timur.
  2. Melalui website  : dlhk.lomboktimurkab.go.id dan atau  e-mail : [email protected].
  1. Respon DLHK  Kab.Lombok Timur atas pengaduan masyarakat:
  1. Akan menerima setiap pengaduan oleh masyarakat baik secara lisan maupun tertulis;
  2. Akan memberikan penjelasan mengenai kebijakan dan prosedur penyelesaian pengaduan;
  3. Hanya akan menindaklanjuti pengaduan yang mencantumkan identitas pelapor.

 

  1. JENIS PELAYANAN

Pelayanan pengumpulan, pengangkutan dan pengolahan sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga

 

  1. BESARAN RETRIBUSI PELAYANAN PERSAMPAHAN
    1. FASILITAS PENDIDIKAN
      1. Perguruan Tinggi                            : Rp.100.000,-/bulan
      2. Lembaga Bimbel/Kursus                : Rp. 100.000,-/bulan
      3. SD/SMP/SMA/                                : Rp. 50.000,-/bulan
      4. TK/PAUD                                         : Rp. 25.000,-/bulan
    2. PERUMAHAN/PEMUKIMAN
      1. Rumah Tinggal (luas ≤ 45 m²)        : Rp. 7.000,-/bulan
      2. Rumah Tinggal (luas≥ 45 m²)         : Rp.10.000,-/bulan
      3. Perumahan Elite                             : Rp. 20.000,-/bulan
      4. Apertemen                                     : Rp. 50.000,-/kk/bulan
      5. Rumah Kost                                    : Rp.10.000,- s/d Rp.50.000,-/bulan
      6. Pemukiman/perumahan di desa    : Rp.300.000,-/kontainer/angkutan
    3. FASILITAS KESEHATAN
      1. Rumah Sakit, Puskesmas, Pustu, Klinik, Rumah Bersalin : Rp.300.000,-/kontainer/-angkutan
      2. Apotik, Praktek Dokter, Toko Obat            : Rp.50.000,-/bulan
    4. FASILITAS TRANSPORTASI
      1. Pelabuhan Barang, Pelabuhan Penyeberangan Laut dan Terminal: Rp.300.000,-/ kontainer/angkutan
    5. FASILITAS PERKANTORAN
      1. Kantor Pemerintahan                     : Rp. 150.000,-/bulan
      2. Kantor BUMN, BUMD, Bank          : Rp. 150.000,-/bulan
      3. Jasa Kontraktor                               : Rp. 75.000,-/bulan
      4. Koperasi                                          : Rp. 50.000,-/bulan
      5. Kantor Partai, LSM dll                    : Rp. 25.000,-/bulan
    6. FASILITAS PERDAGANGAN DAN JASA
      1. Distributor, Pergudangan, Indusri Besar   : Rp. 300.000,- /kontainer/angkutan
      2. Super Market, Hotel                                               : Rp. 250.000,-/bulan
      3. Dealer Mobil, Dealer Motor, Show Room Mobil, Bengkel, Toko Spare Part

                 Mobil, Mini Market, Toko Swalayan, Pertokoan Besar, Penginapan/Wisma/Hotel         Melati, Cafe, Diskotik    : Rp. 150.000,-/bln

  1. Bengkel/Spare Part Motor, Industri menengah, Restoran, Rumah Makan,

                 Toko Grosir dan sejenisnya: Rp. 100.000,-/bulan

  1. Lesehan, Warung Nasi, Bengkel Las/Bengkel Cat : Rp. 50.000,-/bulan
  2. Toko Kecil, Kios, Warung    : Rp. 25.000,-/bulan
  3. TARIF KHUSUS – LOKASI KHUSUS
    1. Pedagang Kaki Lima/Lapak Temporer       : Rp. 3000,-/hari
    2. Pedagang Kaki Lima/Lapak Permanen      : Rp. 4.000,-/hari
    3. Acara Tertentu dan temporer        : Rp.150.000/hari/truck
    4. Pengangkutan Sampah Bekas Tebangan, Pemangkasan Ranting dan daun         : Rp.25.000/ m³
    5. Pengangkutan Bekas Bongkaran/bekas bangunan : Rp.50.000/m³

 

 

  1. ALUR PELAYANAN.

( Terlampir )

 

 

  1. DASAR HUKUM PELAYANAN :
  1. UU Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah;
  2. UU Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup;
  3. UU Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan;
  4. UU Nomor  Nomor 23 Tahun 2014 tentang tentang Pemerintahan Daerah;
  5. Peraturan Daerah No.5 Tahun 2012 ttg Pengelolaan Sampah;
  6. Peraturan Daerah No 1 Tahun 2016 ttg Perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 2010 tentang Retribusi Golongan Jasa Umum

  • 16 Desember 2017